Monday, December 20, 2010

Erlang


Erlang

Erlang dapat diartikan sebagai jumlah rata-rata saluran yang diduduki secara bersamaan dalam periode waktu tertentu.
A = Y * S
A = N * P
Dimana :
A = Trafic flow (dalam Erlang)
Y = Jumlah call per satuan waktu
S = Holding time rata-rata
N = Jumlah total subscriber
P = Trafik rata per subscriber
Contoh :
Misalkan ada suatu sentarl telepon dengan data data sebagai berikut :
- dalam 1 jam rata-rata terdapat 1800 panggilan baru
- Waktu pendudukan rata setiap panggilan adalah 3 menit
maka :
Intensitas tarfik = 1800 x 3/60 = 90 Erlang
Ada = 1800/60 = 30 call/menit = 0,5 call/detik à Y
S = 3 x 60 = 180 detik
A = Y * S = 0,5 * 180 = 90 Erlang.
Berikut ini beberapa istilah trafik lainnya :
GOS (Grade of Service) adalah Probabilitas banyak call yang akan direject (lost call) oleh system. Contoh suatu system telekomunikasi mempunyai GOS 0,2 % , berarti dari 1000 call akan ada 2 call yang tidak diteruskan.
Trafik yang ditawarkan (Offered Traffic) (To) adalah Jumlah rata-rata upaya pendudukan selama periode waktu yang sama dengan waktu rata-rata pendudukan dari pendudukan yang sukses. Dapat juga dianggap sebagai jumlah occupansi (pendudukan) dan call congested dikalikan dengan rata – rata holding time dari pendudukan.
Trafik yang dimuat (Carried Trafic) (Tc) adalah Jumlah rata-rata simultaneous call selama interval waktu tertentu. Bagian dari offered traffic yang dapat dilayani dan diteruskan oleh system. Atau dapat juga menggunakan definisi dari intenstitas trafik.
Trafik yang ditolak (Lost Trafic) (TL ) adalah Bagian dari offered trafik yang tidak dapat dilayani oleh sistem, dimana penyebabnya dapat berupa karena kongesti, ataupun error dalam switching proses.
To = Tc + TL
Attempt adalah segala jenis action yang menginisiate proses pembentukan hubungan. Attempt mengakibatkan sebuah device/circuit berubah statusnya dari idle menjadi busy/sibuk atau trafik di suatu kannal terukur.