REKAYASA TRAFIK
I. Pengantar Trafik
Trafik merupakan statistik jumlah kedatangan panggilan yang dibawa oleh jaringan. Besar trafik ( intensitas trafik ) akan digunakan untuk menentukan ukuran atau kapasitas jaringan. Secara kualitatif, trafik mengandung dua hal yaitu jumlah panggilan dan volume panggilan.
Teletrafik Engineering menentukan hubungan antara :
· Quality Of Service ( QoS)
· Beban Trafik
· Kapasitas system
Macam –macam trafik : carried traffic, offered traffic, rejected traffic
· Realisasi/pendekatan untuk menghitung carried traffic
Contoh:
Dalam selang waktu 1 jam terdapat 3 panggilan telepon dengan waktu pendudukan masing2 adalah 5 ,10, dan 15 menit . Hitung besar carried trafiknya ?
Jawab : Ac = (5+10+15) menit/60 menit = 0,5 Erlang.
· Aplikasi Perhitungan traffic
Contoh :
Misalkan suatu sentral menerima rata2 1800 panggilan baru dalam selang waktu 1 jam, dan rata2 waktu pendudukan adalah 3 menit. Hitung Offered Traffic?
Jawab:
Dari soal diatas dapat diperoleh data bahwa = 1800 call/ jam= 1800 call /60 menit dan h=3 menit.
Maka Offered Traffic , A0 = . h = 1800 X 3/60 menit = 90 Erlang
Contoh :
Rata-rata selama jam sibuk pada suatu perusahaan 120 outgoing call dengan waktu pendudukan rata-rata 2 menit , dan 200 incoming call dengan waktu pendudukan rata-rata 3 menit. Tentukan outgoing traffic, incoming traffic dan total traffic!
Jawab :
1. Outgoing traffic : 120 x 2/60 = 4 Erlang
2. Incoming traffic : 200 x 3/60 = 10 Erlang
3. Total Traffic : 4 + 10 = 14 Erlang
Contoh :
Selama jam sibuk 1200 panggilan ditawarkan pada suatu grup trunk , dan terjadi 6 panggilan yang hilang. Waktu pendudukan rata-rata 3 menit. Tentukan Offered traffic, Carried traffic , Lost traffic, Gos dan Total waktu kongesti!
Jawab :
1. Offered traffic : A = c.h/ T = 1200 x 3/60 = 60 Erlang
2. Carried traffic : 1194 x 3/60 = 59,7 Erlang
3. Loss traffic : 6 x 3/60 = 0.3 Erlang
4. GOS = 6/1200 = 0.005
5. Waktu kongesti : 0.05 x 3600 = 18 sekon
· Variasi Trafik dan Konsep Jam Sibuk
Facts
- Trafik akan sangat bervariasi tergantung pada aktivitas masyarakat pengguna sistem telekomunikasi
- Trafik dibangkitkan oleh setiap pelanggan secara independen.
Variasi Trafik yang dapat diperkirakan dapat diklasifikasikan,sebagai berikut: Long Terms Trend ( years), Variasi selama setahun ( months) ,variasi selama seminggu (days), variasi selama 24 jam (hours). Sedangkan variasi trafik yang acak terdiri dari : Short Term Random Variations ( seconds, minutes),Long Term Random variations ( hours),Random Variation Caused External Source.
(Konsep Trafik , Tutun Juhana )
· Konsep Jam Sibuk ( TCBH)
- Trafik tertinggi tidak muncul pada waktu yang sama di dalam setiap harinya.
- Untuk keperluan pengukuran trafik , dimensioning dan aspek lainnya, akan sangat membantu apabila kita dapat menentukan busy hour dengan baik.
· Model Sistem Trafik
- Ada dua fasa dalam pemodelan : Pemodelan trafik yang masuk ( incoming traffic) sebagai model trafik, Pemodelan sistem sebagai model sistem.
- Macam model system : Loss System , Queueing System , Delay System, Kombinasi Delay dan Loss.
- Model Teletrafik yang sederhana
- Pelanggan ( panggilan) datang dengan laju lamda ( jumlah panggilan persatuan waktu)
- Panggilan dilayani oleh n pelayan (server)
- Jika sedang melayani , server memberi layanan dengan laju μ ( panggilan persatuan waktu) 1/μ = waktu pelayanan rata-rata
- Terdapat sebanyak m tempat untuk menuggu ( buffer)
- Diasumsikan bahwa panggilan yang datang pada saat sistem sedang penuh ( blocked customer) akan dibuang atau loss
Daftar Pustaka